Kamis, 28 Juni 2007

Peta Duniaku

1.Lampung
Berbicara Lampung, di sini akan dibagi menjadi dua,yaitu:
a.Wonorejo, tempat di mana aku lahir tumbuh dan dibesarkan. Mungkin kalau lebih sepesifik yaitu dusun wonorejo, desa wates (waktu itu) kec Padang Cermin, Lampung Selatan, Lampung 35451.
b.Sukarame
Sukarameadalah tempat aku menempuh pendidikan tingkat menenghaku, tepatnya diMadrasah Aliyah Keagamaan Negeri yang terintegreted di MAN 1 (MADALIANSA) Bandar Lampung. Selama tiga tahun di sini aku tinggal di Asrama MAKN, baik asrama alif maupun ba’.
2.Yogyakarat
i.Ambarukmo
Pertama kali datang ke kota pelajar ini aku tinggal bersama temanku di brebgai tempat, kadang di Demangan (Kosnya Tanto dkk), Concat (Asrama UII) atau Ngentak Sapen (Romy). Setelah positif diterima, ak tinggal di sebuah kontrakan yang terletak di daerah Ambarukmo, tidak jauh dari pasar. Di sana aku tinggal bersama Hartanto selama satu tahun, yatu semester pertama dan kedua. Kos yang aku tempati adalah milik bapak Broto yang sampai sekarang aku masih ingat dengan beliau.
ii.Kota Gede.
Kedatangan Qori dan Zayeng pada masa pendaftaran tahun baru sedikit membuat aku bingung. Mereka mengajak aku mondok alias nyantri. Beberapa pondok kita survey, namn yang menjadi pilihan kemudian adalah POndok Nurul Umah Kota Gede. Namun sebelum ke pondok aku sempat berfikir untuk jadi takmir di masjid al-iman Ambarukmo, namun aku hanya mampu bertahan satu malam di sana, lalu pindah ke Pondok. Selama mondok aku masih sering keliaran, sehingga aku merasa tiddak betah. Aku hanya mampu bertahan Selma satu semesater di ondok, sedangkan qori dan Jayeng tidak jauh beda, bahkan mereka yang memulai. Waktu adabeberapaanak ynag bersamaan keluar dari pondok, dan kebanyakan dari Lampung, sehingga nama Lampung sedikit tercoreng.
iii.Papringan
Setelah keluar dari Pondok semula kau mau bergabung dengan qori dan Jayeng yang mengontrak rumah di Kota Gede, namun aku mikir masalah transport jelas mahal, akhirnya aku mencari kontrakan yang dekat kampus dan dapat di daerah Papringan, tepatnya di Jalan Tutul no. 1. Hobi ku jalan and touring ku kambuh. Aku jarang di kos.
iv.Piyungan
Dusun Munggur, Desa Srimartani, Piyungan, adalah tempat candradimuka bagiu. Di sni aku mengikuti berbagai pelatihan HMI, dari LK 1 atau batra pada September-oktober 2004, LK II alias Intermidiate Training yang diadakan juga oleh HMI Komfak Tarbiyah pada bulan April 2005. pada pelaihan ini aku kenal banyak teman dariluar Jogja, yaitu Semarang, Purworejo, Jepara dan Wonosobo. Selanjutnya Senior Cours (SC), nama lain dari training kepemanduan, yaitu pada Bulan Desember 2005 yang diselenggarakan oleh kofak Adab.
v.Sapen
1.Marakom
Marakom adalah markas anggota komisariat, tempat tinggalnya para punggawa HMI. Kenapa aku tinggal di sana? Karena amanah yang diberikan kepadaku untuk menjadi ketua umum HMI komfak Tarbiyah, padahal kontrakanku masih setengah tahun lagi. Di sini aku tinggal selama dua tahun. Tahun kedua karena aku jadi sekretaris korkom. Tahun pertama di sini aku bersama Pak Dur, Ihab, Bowo, Jamul, Awaluddin, dan Muiz. Sementara tahun kedua formsi tidak jauh beda yaitu: aku, ihab, Muiz, Awal, Bowo Jondi, faiz, iqbal, dan jalal.
2.Rumah Kita
Rumah kita adalh tempatnya HMI putrid mengontrak dan tinggal. Aku sering ke sana memang kosolidsinyas erring di sana, dan selain tiu juga kadang cari hutangan. Di sana ada Mbak Loeloek, Anis, Rina , dina dll. Tapi sayang pas gempa 27 waktu iru RUKI hancur, tetapi semua selamat, sehingga selama tahun kepengurusanku di korkom tidak ada RUKI.
3.Tangga Demokrasi
Tangga ini terletak di depan masjid kampus UIN Sukijo. Aku sebutin tempat ini karena memang aku sering berada di tempat ini. Tangga tersebut adalah tempat di mana setiap elemen gerakan melakukan demonstrasi alias aksi. Di sana aku pula belajar orasi dan teriak-teriak.
4.Burjo
Di sinilah tempatnya anak-anak marakom makan mei, rokok, bubu kacang ijo, gorengan, yang tidak jarang bayarannya ditangguhkan alias hutang. So burjo adalah tempat anak-anak marakom hutang ketika tidak ada yang bisa dimakan lagi. Tidak peduli yang jaga berganti-ganti tetapi hutang tetap jalan terus.
5.Wisma Cinta
Katanya (guyon sih) di sini ada anak marakom yang menggantungkan cintanya, tapi tidak tahu siapa. Yang jelas WC ini adalah tempat pinjam motor dan helm.

Tidak ada komentar: